Bulan Romadlon adalah Bulan yang Agung. Dimanakah letak keagungan bulan Romadlon ? Sangat luas, di antaranya saja ialah :

  1. Penghulunya bulan (bulan terbaik). Dari Ibnu Mas’ud Nabi Bersabda, “Penghulunya bulan adalah bulan Romadlon dan penghulunya hari adalah hati Jum’at” (HR Thabroni)
  2. Bulan Romadlon disandarkan kepada Allah Ta`ala, sebagaimana disebutkan dalam hadits bahwa bulan Romadlon adalah Syahrullah, bulannya Allah
  3. Bulan yang menyimpan rahasia kebaikan. Dari Ibnu Mas’ud, Nabi bersabda, “Kalaulah manusia tahu apa yang terjadi pada bulan Romadlon, pastilah mereka akan mengharapkan sepanjang tahun adalah bulan Romadlon” (HR Thabroni, Ibnu Khuzaimah, Baihaqi)
  4. Di Bulan Romadlon itulah waktu yang dipilih Allah untuk menurunkan Kitab Suci Al Qur-an. ”Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” (QS Al-Baqoroh : 185)
  5. Bulan yang penuh berkah. Sabda Rosululloh, “Sungguh telah datang kepadamu bulan Romadlon, bulan yang penuh keberkahan. Alloh telah memfardlukan atas kamu puasanya. Di dalam bulan Romadlon dibuka segala pintu surga dan dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu semua setan. Padanya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa tidak diberikan malam itu maka sesungguhnya dia telah dijauhkan dari kebaikan” (HR Ahmad)
  6. Bulan yang penuh keutamaan. ”Diberikan kepada ummatku 5 hal pada bulan ramadhan yang tidak diberikan kepada ummat-ummat sebelumnya : bau mulut seseorang yang berpuasa lebih wangi bagi Allah dari pada wangi misik. dan malaikat-malaikat mendoakan ampunan bagi orang-orang yang berpuasa sampai mereka berbuka. dan Allah menghiasi surga-Nya setiap hari seraya berkata : mereka para hamba-hambaKu yang harus merasakan kesusahan (demi) menuju kepadamu. dan dibelenggunya gangguan-gangguan setan maka setan-setan tidak bisa lagi menyesatkan sebagaimana mereka menyesatkan pada bulan-bulan yang lainnya. dan diampuni (dosa-dosa) mereka disetiap akhir malam. dikatakan kepada Nabi -sholallahu ‘alaihi wasallam- : wahai Rosulullah, apakah itu lailatul qodar? beliau menjawab : tidak, akan tetapi setiap orang yang beramal diberi pahalanya kepada mereka setiap selesai mengerjakan amalannya” (HR Ahmad, Al-Bazzar dan Al-Baihaqi)
  7. Untuk mengagungkan turunnya Kitab Alloh baikpun Al Qur-an, Taurot, Injil, Zabur dan mengagungkan keutusan Nabi Muhammad SAW itu maka seluruh umat Islam diwajibkan puasa di bulan Romadlon, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits: Shuhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan dan Injil diturunkan pada 13 Ramadhan sedangkan Al Qur-an diturunkan pada 24 Ramadhan.(HR. Ahmad)
  8. Bulan turunnya Al Alaq 1 – 5, wahyu pertama sekaligus SK pengangkatan Rosululloh Muhammad SAW
  9. Dan masih banyak tanda keagungan bulan Romadlon yang lainnya.

Leave a Reply

Pencarian Dunia
Terapi Sehat Tentrem