Baru-baru ini seorang  penulis buku bernama Dian Sukarno mengatakan bahwa ada seorang asli Jombang yang dulu pernah menjabat sebagai penasehat Bung Karno. Tokoh itu  bernama Kyai Suro  Sentono asal Kabuh Jombang, yang sekarng makamnya ada di Jogjakarta. Temuan ini katanya masih terus di telusuri dan rencananya akan ditulis menjadi sebuah buku.

“Hal ini memang masih belum terungkap, dan ini menjadi salah satukebanggan Jombang. “Beberapa nara sumber yang kami temui  membenarkan  soal keberadaan penasehat Bung Karno ini,” kata Dian  dalam sambungan telephon kepada Alkautsar. Setidaknya sudah ada empat sumber yang mengatakan kebenaran  hal itu.

Dian mengatakan pertama, sumber dari seorang warga Kabuh, ada juga dari Kediri dan  dari lingkuangan Bupati Jombang. “Bahkan anak angkat sang penasehat Bung Karno orang Jombang itu katanya masih hidup dan bisa bercerita, katanya  seakan meyakinkan. Nara sumber dari keluarga penasehat Bung Karno di Jombang itu sekarang tinggal di Jl. Juanda Kota Jombang.

Yang tak kalah menarik, tambah wartawan Elsinta Jakarta ini diantara nara sumber ada yang mengatakan bahwa sang penasehat  Bung Karno yang bernama Suro Sentono atau Kek Suro itu kabarnya adalah murid Kyai Sanusi Abdl Goffar Kabuh Jombang. Beliau menjadi penasehat presiden Soekarno diantara tahun 1946 hingga 1950an saat presiden beristana di Jogjakarta *

Article source: http://alkautsar.co/?p=1585

Leave a Reply

Pencarian Dunia
Terapi Sehat Tentrem